Anda yang ingin belajar bahasa program hususnya Java.
Dibawah ini contoh-contol modul latihan dasar Java.
Untuk memulai latihan tentunya anda harus mempunyai softwarenya yaitu Netbeans 7.0 atau versi terbarunya dan juga bisa menggunakan eclipse. Oke silahkan di coba jangan lupa baca petunjuknya. Modul I
Pengenalan Sintaks dan Tools
Tujuan
Tujuan materi praktikum pada Modul I adalah:
1. Mengenal lingkungan pemrograman Java (Eclipse atau NetBeans) baik sebagai maupun sebagai translator/compiler.
2. Mengenal sintaks bahasa pemrograman Java: stuktrur program, deklarasi tipe data sederhana, instruksi I/O untuk tipe data sederhana, ekspresi dan assignment.
3. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.
TUGAS PRAKTIKUM
Berikut ini terdapat 5 buah contoh program dalam bahasa Java. Praktikan diminta untuk mengetik kembali contoh-contoh program tersebut dan belajar memperbaiki kesalahan sintaks yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis besarnya sebagai berikut:
1. Menjalankan aplikasi Java Netbeans/Euclipse dari Windows
2. Membuat direktori kerja untuk menyimpan program yang akan di buat/edit.
3. Membuat (create) project baru dan menamakannya dengan MODUL1, selanjutnya project ini akan memuat contoh-contoh program yang dibuat, minimal 3 dari contoh berikut yaitu: hello.java, numerik.java, character.java, boolean.java, dan hitungLSE.java.
4. Membuat program dengan cara (create) kelas baru.
5. Mengedit program:
a. Untuk program hello sebaiknya diketik dari awal sesuai contoh.
b. Untuk program berikutnya, dengan cara mengcopy-paste template program yang sudah ada (misalnya dari program hello.java) agar proses editing lebih cepat dan mengurangi kesalahan ketik.
6. Memperbaiki kesalahan sintaks: ada jika pada awal baris muncul symbol tertentu, antara lain :
a. Logo lampu bertanda tanya: berhubungan dengan penamaan.
b. Tanda seru dalam lingkaran merah: berhubungan dengan kesalahan symbol operator (kelebihan, kekurangan, atau ketidaksamaan symbol tersebut dengan seharusnya), misalnya: salah menulis tanda assignment, jumlah symbol penutup blok ‘}’ tidak sama.
c. Dll.
7. Menjalankan program.
1. Program Hello.java
package modul1.latihan;
public class Hello {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("hello again");
}
}
2. Program Numerik.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Numerik {
public static void main(String[] args) {
float f;
double d;
long l;
int i;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bilangan integer: ");
i = sc.nextInt();
System.out.println("i: " + i);
System.out.print("Bilangan long integer (x>34000): ");
l = sc.nextLong();
System.out.println("l: " + l);
System.out.print("Bilangan float/desimal: ");
f = sc.nextFloat();
System.out.println("f: " + f);
System.out.print("Bilangan double: ");
d = sc.nextDouble();
System.out.println("d: " + d);
}
}
3. Program Character.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Character {
public static void main(String[] args) {
char Ch;
String S;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Char: ");
S = sc.nextLine();
Ch = S.charAt(0);
System.out.println("Ch: " + Ch);
}
}
4. Program Boolean.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Boolean {
public static void main(String[] args) {
float B1, B2;
boolean Sama;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bil1 : ");
B1 = sc.nextFloat();
System.out.print("Bil2 : ");
B2 = sc.nextFloat();
Sama = (B1 != B2);
System.out.println("Bil1 != Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 == B2);
System.out.println("Bil1 == Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 < B2);
System.out.println("Bil1 < Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 > B2);
System.out.println("Bil1 > Bil2 adalah : " + Sama);
}
}
5. Program HitungLSE.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class HitungLSE {
public static void main(String[] args) {
/*
* Membaca panjang dan lebar segiempat menghitung
luasnya,lalu mencetak
* luas tesrebut ke layar
*/
float panjang; /* panjang (length) */
float lebar; /* lebar (width) cm */
float luas; /* luas (area) */
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.println("Berapa panjang segiempat? ");
panjang = sc.nextInt();
System.out.println("Berapa lebar segiempat? ");
lebar = sc.nextInt();
luas = panjang * lebar;
System.out.println("Luas segiempat = " + luas);
}
}
Dibawah ini contoh-contol modul latihan dasar Java.
Untuk memulai latihan tentunya anda harus mempunyai softwarenya yaitu Netbeans 7.0 atau versi terbarunya dan juga bisa menggunakan eclipse. Oke silahkan di coba jangan lupa baca petunjuknya. Modul I
Pengenalan Sintaks dan Tools
Tujuan
Tujuan materi praktikum pada Modul I adalah:
1. Mengenal lingkungan pemrograman Java (Eclipse atau NetBeans) baik sebagai maupun sebagai translator/compiler.
2. Mengenal sintaks bahasa pemrograman Java: stuktrur program, deklarasi tipe data sederhana, instruksi I/O untuk tipe data sederhana, ekspresi dan assignment.
3. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.
TUGAS PRAKTIKUM
Berikut ini terdapat 5 buah contoh program dalam bahasa Java. Praktikan diminta untuk mengetik kembali contoh-contoh program tersebut dan belajar memperbaiki kesalahan sintaks yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis besarnya sebagai berikut:
1. Menjalankan aplikasi Java Netbeans/Euclipse dari Windows
2. Membuat direktori kerja untuk menyimpan program yang akan di buat/edit.
3. Membuat (create) project baru dan menamakannya dengan MODUL1, selanjutnya project ini akan memuat contoh-contoh program yang dibuat, minimal 3 dari contoh berikut yaitu: hello.java, numerik.java, character.java, boolean.java, dan hitungLSE.java.
4. Membuat program dengan cara (create) kelas baru.
5. Mengedit program:
a. Untuk program hello sebaiknya diketik dari awal sesuai contoh.
b. Untuk program berikutnya, dengan cara mengcopy-paste template program yang sudah ada (misalnya dari program hello.java) agar proses editing lebih cepat dan mengurangi kesalahan ketik.
6. Memperbaiki kesalahan sintaks: ada jika pada awal baris muncul symbol tertentu, antara lain :
a. Logo lampu bertanda tanya: berhubungan dengan penamaan.
b. Tanda seru dalam lingkaran merah: berhubungan dengan kesalahan symbol operator (kelebihan, kekurangan, atau ketidaksamaan symbol tersebut dengan seharusnya), misalnya: salah menulis tanda assignment, jumlah symbol penutup blok ‘}’ tidak sama.
c. Dll.
7. Menjalankan program.
1. Program Hello.java
package modul1.latihan;
public class Hello {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("hello again");
}
}
2. Program Numerik.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Numerik {
public static void main(String[] args) {
float f;
double d;
long l;
int i;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bilangan integer: ");
i = sc.nextInt();
System.out.println("i: " + i);
System.out.print("Bilangan long integer (x>34000): ");
l = sc.nextLong();
System.out.println("l: " + l);
System.out.print("Bilangan float/desimal: ");
f = sc.nextFloat();
System.out.println("f: " + f);
System.out.print("Bilangan double: ");
d = sc.nextDouble();
System.out.println("d: " + d);
}
}
3. Program Character.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Character {
public static void main(String[] args) {
char Ch;
String S;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Char: ");
S = sc.nextLine();
Ch = S.charAt(0);
System.out.println("Ch: " + Ch);
}
}
4. Program Boolean.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class Boolean {
public static void main(String[] args) {
float B1, B2;
boolean Sama;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bil1 : ");
B1 = sc.nextFloat();
System.out.print("Bil2 : ");
B2 = sc.nextFloat();
Sama = (B1 != B2);
System.out.println("Bil1 != Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 == B2);
System.out.println("Bil1 == Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 < B2);
System.out.println("Bil1 < Bil2 adalah : " + Sama);
Sama = (B1 > B2);
System.out.println("Bil1 > Bil2 adalah : " + Sama);
}
}
5. Program HitungLSE.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class HitungLSE {
public static void main(String[] args) {
/*
* Membaca panjang dan lebar segiempat menghitung
luasnya,lalu mencetak
* luas tesrebut ke layar
*/
float panjang; /* panjang (length) */
float lebar; /* lebar (width) cm */
float luas; /* luas (area) */
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.println("Berapa panjang segiempat? ");
panjang = sc.nextInt();
System.out.println("Berapa lebar segiempat? ");
lebar = sc.nextInt();
luas = panjang * lebar;
System.out.println("Luas segiempat = " + luas);
}
}